Tanamkan Kebiasaan Baik Pada Anak Sejak Dini

Buah tidak jatuh dari pohonnya, pepatah ini memang seringkali didengar yang berarti anak tidak akan jauh berbeda dengan orang tuanya. Nah, anda para orang tua pasti menginginkan anak nanti tumbuh menjadi orang yang lebih pintar dan mandiri untuk dia kelak.

Anak bisa tumbuh lebih mandiri dan bijaksana jika dibantu dengan orang tua sejak dini. Nah ada berbagai macam cara yang bisa bunda lakukan untuk membuat si anak menjadi lebih mandiri ketika dewasa berikut ini merupakan penjelasannya :

1. Pendekatan Dan Pengontrolan Emosi

Mau lebih mudah dalam menanamkan kebiasaan baik pada anak sebaiknya untuk lakukan pendekatan terlebih dahulu agar lebih efektif. Gunakan kasih sayang, pelukan dan suara yang lembut ketika bersama si kecil. Karena hal ini menanamkan kebiasaan baik sehingga dia tidak kasar ketika berbicara dan bertindak.

Apalagi ketika si kecil sedang melakukan tindakan yang berbahaya untuknya, anda harus bertindak dengan tegas berbicara dengannya untuk tidak melakukan hal tersebut. Kemudian baru berikan suara lembut padanya ketika memberikan nasehat padanya. Ini membuat dia belajar untuk mengelola emosinya dengan baik.

2. Hukuman Fisik

Terkadang orang tua terpancing untuk melakukan tindakan fisik ketika anak sulit sekali diberi peringatan. Cara yang biasa orang tua lakukan seperti menjewer, mencubit bahkan memukul. Namun meskipun terbilang ringan jangan biasakan hal ini dilakukan padanya.

Jika memang anda terpaksa melakukannya maka sebaiknya segera untuk meminta maaf padanya dan mengatakan jika itu perbuatan serta tindakan yang salah. Hal ini membuat dirinya sadar jika ada aturan memang harus dipatuhi jangan dilanggar.

3. Kedisiplinan

Buatlah aturan kebiasaan yang baik untuknya, namun bukan berarti anda bersifat otoriter. Karena ini membuatnya malah merasa dikekang oleh anda, maka dari itu terapkan saja aturan dan hukuman ringan untuknya ketika melanggar.

Namun jangan terlalu memberatkan si anak dengan terus mengomelinya. Karena itu membuatnya menjadi merasa bersalah kepada anda dan mengajarkan harus tunduk dengan segala peraturan yang ada meskipun itu tidak benar.

4. Perilaku Orang Tua

Perilaku anda sebagai orang tua juga menjadi penting untuk diperhatikan. Karena si anak yang memiliki rasa ingin tahu lebih besar dibandingkan orang dewasa. Jadi jangan berperilaku buruk di depan anak anda, sebaiknya hindari anak dari tontonan kekerasan atau unsur pornografi agar dirinya tidak terpengaruh dengan hal buruk tersebut.

Untuk mengisi aktivitasnya sebaiknya anda bisa membiarkannya bermain dengan teman atau keluarga sehingga lebih mengenal dunia luar dengan baik. Ini juga membantu si anak untuk membuka diri akan rasa ingin tahunya pada dunia luar.

Nah, demikian merupakan kebiasaan baik yang bisa orang tua lakukan pada anak agar lebih bijaksana dan mandiri ketika dewasa. Tanamkan juga kebiasaan sehat agar si anak menjadi kuat menghadapi penyakit menyerang. Mau tahu info dan tips lainnya? Simak artikel lainnya hanya didee-dee ®.

 
  • Monday December 8th, 2014
  • News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *