Mengajak Anak Untuk Lebih Bersosialisasi dengan Teman dan Lingkungan

Pemalu merupakan salah satu sifat dan perasaan yang ada pada diri setiap orang tidak terkecuali pada Anak. Jika Anak Anda sangat pemalu, sebaiknya segeralah merubahnya karena hal tersebut akan menghambat sosialisasinya baik terhadap teman maupun lingkungannya.

Agar membuat Anak bisa bersosialisasi dengan lingkungannya terbilang mudah namun akan sulit jika si Anak tidak diberikan dorongan dan motivasi dari Anda sebagai orang tua.

Dengan mengajak si anak berinteraksi dan membaur dengan teman sebaya maupun lingkungannya dapat membuat perkembangannya menjadi semakin baik bukan saja dari jiwa dan mentalnya namun juga dari sisi psikisnya.

Bagi Anda yang ingin mengajak Anak untuk lebih bersosialisasi dengan Teman dan Lingkungannya, simak beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini.

1. Biarkan anak bereksplorasi

Ketika si Anak masih berusia Balita, sebaiknya Anda memberikan pola pengasuhan yang baik dengan cara memberikan kesempatan kepada Anak untuk bereksplorasi terkait berbagai macam hal positif yang ingin diketahuinya.

Ketika melakukan eksplorasi tersebut, Anda juga sebaiknya menkankan pada minat dan hal-hal yang disukainya baik itu mencakup seni atau apapun asalkan masih dalam tahap pengawasan Anda.

Membiarkan Anda mengeksplorasi keinginannya sangatlah baik untuk perkembangan otaknya sehingga nantinya si Anak bisa membaur dengan lingkungan yang sama dengan minat yang dimilikinya.

2. Sekolah

Sekolah menjadi media terbaik selain rumah dalam membuat dan mengajarkan Anak bersosialiasi dengan teman sebayanya. Di sekolah yang cenderung sifatnya Formal, bukan saja dapat mengasah mentalnya saja tetapi juga kecerdasan yang dimilikinya.

Pastikan Anda memilih media pembelajaran yang terbaik dan berkualitas mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah yang cukup Tinggi. Selain memberikan media pembelajaran yang baik, Anda juga dapat menjadilan sekolah sebagai media bersosialiasi sang Anak yang tentu saja harus dalam pengawasan Anda sebagai orang tua.

3. Undang teman sebaya ke rumah

Sering mengundang anak-anak tetangga atau teman-teman sekolah untuk sekedar bermain di rumah bersama anak Anda merupakan salah satu faktor yang bisa membuat sifat pemalu Anak Anda berkurang karena hal tersebut dapat membuatnya menjadi bisa bersosialilasi secara tidak langsung.

Baiknya, Anda bisa mengundang teman-teman sebayanya tersebut pada sebuah pesta ulang tahun agar begitu si anak dapat belajar berinteraksi dengan orang lain dan lingkungannya di dalam maupun di luar rumah.

4. Berikan kata-kata Positif

Kata-kata Positif atau Motivasi yang ringan namun bermakna harus Anda berikan setiap hari kepada Anak mulai dari dia kecil hingga besar. Dengan kata “Kamu nanti jangan malu ya” saja sudah mengajarkan dia menjadi pribadi yang tangguh sehingga bisa bersosialisasi dengan lingkungnnya.

Selain kata-kata yang positif, Anda juga bisa mendorong Anak untuk bisa mengucapkan kata “Hai” kepada sesamanya di lingkungan yang dikenal mulai dari sekolah atau lingkungan tempatnya tinggal.

5. Ajak anak ketika melakukan kunjungan

Anda sebagai orang tua haruslah memberikan yang terbaik kepada Anak agar bisa membuatnya menajdi pribadi yang baik dan mampu bersosialisasi dengan lingkungannya. Salah stau caranya adalah dengan mengajak Anak pada setiap kunjungan.

Orang tua yang sering mengajak sang Anak ke kunjungan baik ke tetangga, keluarga atau pun ke kerabat terdekat dapat membuat Anak mengenal lingkungan yang baru sehingga dirinya pun bisa dengan mudah mengela setiap orang dan kerabat sebayanya di lingkungan yang baru.

 
  • Wednesday August 6th, 2014
  • News

Comments are closed.