Ini Dia 4 Cara Merawat Balita Yang Ekspresif

Anak adalah salah satu anugrah dari Tuhan yang harus dijaga dengan baik oleh kedua orang tuanya. Memiliki anak merupakan sebuah pencapaian terbesar karena tidak semua orang bisa mengalaminya.

Untuk menjadikan Anak memiliki prilaku baik, maka orang tua pun harus melakukan pola pengasuhan dan perawatan yang baik. Namun, dalam merawat dan membesarkan Anak tidak sedikit orangt tua yang merasa kesulitan khususnya mengasuh anak yang memiliki sifat eksresif.

Secara emosional mengasuh anak ekspresif merupakan tantangan terbesar karena umumnya banyak orang tua yang belum terlalu mengijinkan anaknya memiliki perasaan atau mengekspresikan apa yang dirasakan.

Memiliki anak yang ekspresif bukanlah sebuah musibah, namun sebuah berkah dimana anak memiliki perasaan dan sikap yang aktif dimana nantinya orang tua bisa lebih mudah mengarahkan sang anak karena sikap ekspresif pada anak bisa membuat anak lebih tanggap dalam berprilaku.

Agar anak ekspresif bisa diarahkan dengan baik, berikut beberapa cara mengasuh anak ekspresif namun dengan tidak merugikan lingkungan sosialnya kelak.

1. Kembangkan Praktek Pengasuhan

Pengasuhan yang tepat dapat menjadikan anak menjadi lebih baik meskipun memiliki sikap ekspresif dalam segala hal. Untuk lebih mengarahkan sikapnya, pastikan Bunda memberikan pola pengasuhan yang baik dengan mengurangi menggunakan jasa baby sister atau pembantu.

Dalam praktek pengasuhan, Anak kerap memberikan isyarat-isyarat yang cukup rumit khususnya mereka yang berusia balita. Menjadi terbuka dan responsif terhadap isyarat Anak juga dapat menegaskan eskpresinya.

Mengupayakan anak yang ekspresif juga dapat dirintis dengan mengupayakan penjadwalan. Anak yang dirawat terjadwal akan belajar secara awal tentang dunianya dan lebih responsif terhadap kebutuhannya.

2. Dorong Perasaan Balita

Anak yang ekspresif dan orangtua yang responsif menjadi kombinasi terbaik bagi masa balita. Ini karena Anak belajar mendengar dan menerjemahkan isyarat pada tahun pertama, sehingga lebih mampu mengekspresikan dirinya.

Setelah Anak tumbuh lebih besar dan memiliki kebutuhan yang lebih besar, mereka akan belajar mengekspresikan kebutuhan yang berhubungan dengan perasaannya sehingga Bunda harus lebih meningkatkan perasaan kepekaannya terkait dengan perasaan yang ditunjungan si Anak Ekspresif tersebut.

3. Upayakan Lebih Mendekat

Banyak yang bilang anak eskpresif lebih susah untuk dikendalikan dan didekati karena umumnya mereka memiliki dunianya masing-masing. Namun, sebagai orang tua yang baik usahakan untuk lebih menunjukan kedekatan dengannya dalam berbagai kegiatan.

Banyak cara untuk mendekatkan diri dengan sang anak, seperti melakukan kontak mata dengannya ketika mengajaknya bicara, mencoba lebih mencurahkan perhatian ketika tidak mengerti apa yang sedang balita Anda coba katakan, atau mengambil kesempatan dengan melakukan aktivitas mandi bersama.

Buat acara mandi bersama anak lebih intenst dengan memakai product daru dee-dee ® children. Selain aman untuk kulit Anak, product dee-dee ® juga dapat dijadikan alasan dalam mencurahkan perhatian Anda kepada sang anak.

4. Hindari Menasehati dan melarang terlalu keras

Anak yang ekspresif memiliki perasaan yang lebih peka dan rasa ingin tahu yang tinggi akan segala hal. Anda sebagai orang tua,harus bisa mengerti apa yang dimaksudkan oelh mereka dan hindari melarang apa yang mereka inginkan.

Melarang dan menasehati terlalu keras kepada anak yang ekspresif bisa membuat perasaannya terganggu dan tahap motoriknya pun bisa bertabrakan dengan perasaan tersebut sehingga sebisa mungkin Bunda menghindarinya.

Selain itu, hindari juga menasehati anak ketika dirinya marah. Ketika anak marah dan duduk menyendiri, cobalah lihat ke dalam mata dan berikan waktu baginya untuk mengekspresikan diri.

Itulah beberapa tips penting dalam mengasuh dan merawat anak yang ekspresif. Dengan ketelatenan dan kesabaran bukan tidak mungkin Anda suatu saat akan bangga kepada anak yang ekspresif asalkan di asuh menggunakan pola yang tepat.

 
  • Monday December 8th, 2014
  • News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *