4 Kebiasaan Baik Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Para orangtua harus menyadari bahwa seorang anak yang masih usia belia merupakan peniru yang ulung. Ada pepatah mengatakan bahwa “Buah Tidak Jatuh Jauh Dari Pohonnya”, hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa apa yang dilakukan oleh anak, sifat dan sikap mereka tidak berbeda jauh dengan orangtua mereka atau dapat dikatakan persis dengan perliaku orangtua mereka.

Anak-anak dapat dengan mudah meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa, khususnya orangtua mereka. Jadi Anda sebagai orang tua, harus perlihatkan kebiasaan-kebiasaan baik agar dapat mereka tiru.
Apa yang Anda lakukan dan apa pun perilaku Anda akan ditiru oleh anak Anda, jadi biasakanlah melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat menunjang kesehatan anak Anda.

Berikut ini ada empat kebiasaan baik yang dapat membantu anak Anda agar tak mudah jatuh sakit.

1. Olahraga dan beraktivitas aktif
Penelitian membuktikan bahwa olahraga ringan yang dilakukan secara teratur dapat memperkecil peluang terkena penyakit flu dan pilek. Dengan olahraga, sirkulasi sel-sel pelawan infeksi bisa lancar. Olahraga lebih baik daripada obat-obatan yang beredar di pasaran. Jadi ajak anak Anda untuk bersenang-senang beraktivitas aktif di luar ruangan atau sekedar main kejar-kejaran di taman.

2. Makan sayur dan buah
Ingin anak Anda memiliki sistem imun yang baik? Penuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya dengan cara mengonsumsi buah dan sayur yang cukup. Pilih makanan yang kaya akan vitamin C seperti brokoli, stroberi dan jeruk serta yang kaya akan vitamin D seperti ikan tuna, fortifiled milk dan sereal.

3. Tidur cukup dan teratur
Biasakan anak Anda untuk tidur secara teratur. Misalnya, beritahukan bahwa pukul 9 malam adalah saatnya untuk tidur. Pada umumnya bayi butuh waktu tidur 14 jam per hari. Sementara anak-anak usia dini butuh 11-13 jam tidur. Tidur dengan jadwal yang rutin dan sama setiap hari juga akan melatih anak Anda untuk lebih disiplin.

4. Kebiasaan mencuci tangan
Mencuci tangan secara teratur bisa mengurangi peluang penularan penyakit pernapasan dan pencernaan. Ajarkan anak Anda untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah makan atau setelah melakukan aktivitas. Agar kegiatan mencuci tangan bisa lebih menyenangkan, lakukan sambil menyanyikan sebuah lagu ceria. Mencuci tangannya pun harus benar-benar bersih, setidaknya harus menggosok tangan dengan sabun selama 15-20 detik.
Jika anak Anda sudah diajarkan kebiasaan baik sejak dini, maka ia pun bisa terus melakukan kebiasaan baik tersebut hingga dewasa. Memang butuh kedisiplinan dan ketegasan, tapi demi kebaikan anak Anda, Anda harus sebisa mungkin memberikan pemahaman dan alasan kenapa kebiasaan ini perlu dilakukan.

 
  • Friday September 19th, 2014
  • News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *